Ads 720 x 90

Manfaat Bawang Putih selain buat Penyedap Rasa


Manfaat Bawang Putih
Bawang putih  - Manfaat bawang putih selama ini kita ketahui hanya buat untuk penyedap rasa saja, tetapi bawang puith sangat bagus buat kesehatan. Bawang puith mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Manfaat bawang putih juga dapat mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain – lain.

Dengan aroma yang sangat tajam dan membuat mata perih banyak orang meninggalkan bawang putih, tetapi sebagian mereka tidak tahu manfaat bawang putih.

Kandungan dalam bawang putih 

Sebelum membahas manfaat bawang putih, aad beberapa kandungan bawang putih yang perlu kita ketahui. Didalam 100 gram bawang putih terdapat kandungan seperti dibawah ini :


Kandungan Jumlah             100 gram
Selenium                             14, 2 mg
Mangan                               1,672 mg
Seng                                    1,16 mg (12 %)
Sodium                               17 mg (1 %)
Kalium                                 401 mg (9 %)
Fosfor                                  153 mg (22 %)
Magnesium                        25 mg (7 %)
Zat besi                               1,7 mg (14 %)
Kalsium                             181 mg (18 %)
Vitamin C                            31,2 mg (52 %)
Folat (B9 Vit)                      3 mg (1 %)
Vitamin B6                         1, 235 (mg %)
Asam pantotenat (B 5)        0, 596 mg (12 %)
Niacin (vit B3)                    0, 7 mg (5 %)
Riboflavin (vit. B2)             0, 11 mg (7 %)
Thiamnine (Vit. B1)            0,2 mg (15 %)
Beta-karoten                      5 mg
Protein                               6,39
Lemak                                0,5
Diet serat                             2,1
Gula                                    1,00
Karbohidrat                         33, 06

Dengan kandungan yang begitu banyak, bagaimana dengan manfaat bawang puith? untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut :

Manfaat bawang putih bagi kesehatan

Manfaat dari bawang putih tentu saja bukan hanya pelengkap masakan didapur saja. Lebih dari itu manfaat bawang putih juga memiliki keragaman khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Mencegah kanker

Bawang putih dipercaya mengandung antioksidan yang mampu untuk  mencegah terjadinya kanker. Buat yang sering merokok  atau pecandu rokok, boleh menguyah bawang putih mentah  untuk mencegah kanker dan melindungi tubuh.

Mencegah dan mengobati flu

Manfaat bawang putih yang lain ialah mencegah dan mengobati flu. kandungan sulfur yang ada pada bawang putih dapat mempercepat kegiatan membran mucous pada saluran pernapasan yang akan melegakan pemampatan dan mengeluarjan lendir. Berdasarkan penelitian, bawang putih mentah mengandung phytochemical yang akan membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit.


Meningkatkan stamina

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa manfaat bawang putih juga bisa meingkatkan stamina. sebagian orang mungkin jarang sakit dan tiba - tiba mereka terserang oleh flu, maka orang ini perlu menambah stamina yang ada pada bawang putih. jika kita sering kelelahan atau mudah lelah, maka coba makan sedikit bawang putih setiap hari untuk membangun stamina dan saya tubuh.

Mencegah dan mengobati jerawat

Bawang putih juga mengandung alicin yang dapat membunuh bakteri penyumbat pori - pori yang menyebabkan jerawat. Selain itu. bawang puith juga punya sifat anti radang yang berguna mengurangi iritasi pada kulit.

Mengobati panu

Didalam kandungan bawang putih juga terdapat anti-mikroba jang berfungsi mencegah adanya jamur yang menyebabkan panu. Jika anda mengalami penyakit kulit seperti panu coba menggunakan bawang putih.

Menurunkan kolestrol

Lebih dari 12 studi di dunia menyatakan bahwa bawang putih mampu menurukan kolestrol. Oleh karena itu, bawang putih dapat mengobati tekanan darah tinggi dan penyakit jatung. Para peneliti juga menyakatan bahwa suplemen dalam bawang putih merupakan hal terpenting dalam menurunkan kolestrol tinggi.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat bawang putih lainnya juga mampu membantu tekanan darah tinggi. Bahkan pada jenis tertentu, bawang putih ini sengaja dihaluskan secara khusus untuk digunakansebagai penawar tekanan darah tinggi.

Sebagai anti peradangan

Memang dari dulu, bawang putih dikenal hanya sebagai penambah aroma dan  bumbu pada masakan. Siapa yang tau, bahwa manfaat bawang puith memiliki kandungan zat anti peradangan. Jika mendapat masalah tenggorokan, demam dan lainnya, cukup mengkonsumsi bawang putih dengan cara dikunyah.

Nah, itulah beberapa manfaat bawang putih yang kerap menjadi pertanyaan bagi kita semua. Sebelumnya , jika mau menggunakan bawang putih lebih baik yang masih segar dan bagus.

Semoga bermanfaat!

Referensi :
11 Proven Health Benefits of Garlic
7 Raw Garlic Benefits for Fighting Disease
7 Surprising Health Benefits Of Garlic
GARLIC
Garlic: Proven benefits

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter