Ads 720 x 90

Rahasia Khasiat Jahe yang Perlu diketahui

Khasiat Jahe
Khasiat Jahe – Khasiat jahe bukan hanya untuk menghangatkan tubuh saja. Jahe tersendiri merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Dengan aroma yang khas, jahe digunakan sebagai bahan masakan hingga saat ini. Khasiat jahe juga bisa mengobati keluhan kesehatan.

Apa saja khasiat jahe yang Perlu diketahui bagi kesehatan?

Ada berbagai macam jenis jahe, yang paling terkenal ialah jahe merah. Dengan aroma yang pedas dan panas bisa membuat badan lebih berenergi. Khasiat jahe sangat berguna bagi kesehata, seperti yang dilansir di Jawa pos jahe mengandung vitamin C, magnesium dan mineral lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan. Tidak perlu banyak-banyak langsung aja khasiat jahe yang perlu kita ketahui bersama.

Mengontrol kadar gula darah

Jahe sangat mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid, dalam hal ini jahe mampu mengotrol kadar gula darah.

Selain untuk mengontrol kadar gula darah, khasiat jahe juga mampu membuat perlindungan bagi penderita diabetes untuk menghindari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

Mengobati masalah pencernaan

Khasiat jahe yang paling ampuh ialah mengatasi masalah pencernaan. Jahe sudah dikenal dari dulu sampai sekarang mampu memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic pada jahe berguna meredakan gejala iritasi, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut,  hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama pencernaan.

Selain itu, jahe juga dapat mengatasi masalah penncernaan seperti kolik dan dyspepsia.

Menyehatkan kinerja otak

Mengkonsumsi jahe secara teratur mampu meningkatkan kinerja dan kesehatan pada otak. Peneliti mengungkapkan bahwa jahe dapat menghambat proses peradangan pada otak. Maka kinerja otak akan meningkat dan stress juga akan menurun.

Mengobati mual

Khasiat jahe selanjutnya ialah dapat mengobati atau meredakan mual yang disebabkan morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker. Oleh karena itu jahe bisa dikonsumsi secara mentah maupun  menjadikannya minuman, jahe dalam bentuk permen juga bisa bekerja dengan baik terutama mengatasi  mual pada ibu hamil.

Menurunkan berat badan

Sebuah peneliatan mengungkapkan bahwa meminum air jahe panas setelah sarapan menimbulkan rasa yang lebih lama jika dibandingkan dengan makan pagi. Penelitian ini dilakukan terhadap beberapa orang yang minum air jahe panas secara rutin.

Berikut ini adalah cara mengolah jahe untuk menurunkan berat badan


  • Minum teh jahe dua hingga tiga kali sehari secara rutin
  • Sebelum makan campurkan sedikit jahe parut dengan sari lemon dan garam.
  • Buatlah minuman perasan jahe dicampur madu dua sampai tiga kali sehari 
  • Jadikan bahan makanan sehari-hari

Dengan demikian perlu penelitian lebih dalam dengan jangkauan lebih luas untuk memastikan bahwa air jahe bisa menurunkan berat badan.

Mengobati nyeri

Senyawa gingerol, dan fenol yang terkandung dalam jahe bisa mengobati dan meredakan rasa nyeri yang diderita. Senyawa itu juga berkhasiat meredakan gejala iritasi pada lambung, meredakan kram perut saat mensturasi, dan nyeri otot sehabis berolahraga.

Beberapa hal yang sama juga diungkapkan beberapa peneliti bahwa khasiat jahe juga mampu menurunkan kolestrol, karena pada jahe terdapat antiradang yang mampu mengatasi nyeri pada ulu hati.

Mengurangi lemak darah

Khasiat jahe selanjutnya ialah mengurangi lemak darah. Dalam kandungan jahe terdapat anti-oksidan yang membantu meningkatkan imunitas. Dengan mengkonsumsi lemak setiap hari, maka akan mengurangi resiko storke serta mengurangi timbunan lemak di arteri.

Mengatasi muntah dalam perjalanan

Khasiat jahe sangat berguna bagi penderita yang sering mabuk dalam perjalanan. Dengan meminum secangkir jahe bisa membantu untuk mengatasi mual dan muntah saat bepergian.

Melegakan tenggorokan

Dengan mengkosumsi jahe akan memberikan efek hangat pada tenggorokan. Untuk itu khasiat jahe lainnya mampu membantu melegakan tenggorokan, terutama yang sedang batuk yang menyebabkan tenggorokan menjadi gatal.

Nah, itulah beberapa khasiat jahe yang wajib kita ketahui. Karena pada dasarnya obat alami merupakan obat yang manjur tanpa efek samping. Semoga bermanfaat!

Referensi :
The efficacy of ginger for the prevention of postoperative nausea and vomiting: a meta-analysis.
GINGER

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter