Ads 720 x 90

Tips Menyehatkan Otak dengan Baik paling Ampuh

Ayosehat- Menyehatkan otak merupakan suatu hal yang penting bagi kesehatan. Otak merupakan bagian terpenting karena tubuh kita dikendalikan oleh otak. Seiring berjalan usia, maka kinerja dan fungsi otak pun ikut menua. Untuk itu menyehatkan otak merupakan hal yang wajib dilakukan, karena dengan menjaga kesahatan otak dapat mengurangi resiko penyakit kronis seperti demensia.

Menyehatkan otak sama halnya kita dengan menyehatkan tubuh yaitu dengan menjaga keseimbangan tubuh seperti mengkonsumsi buah, sayur dan berolahraga.

Bagaimana tips menyehatakan otak dengan baik?


Otak terdapat dua, otak besar (cerebrum) dan otak kecil (cerebellum) kedua-duanya sama berfungsi untuk memproses stimulus. Otak akan bekerja dengan lancer jika semua organ – organ otak memproses stimulus. Untuk dapat memproses stimulus perlu dengan beraktivias fisik, menjaga pola makan dan sebagainya.

Nah, bagaimana tips menyehatkan otak paling ampuh? Simak penjelasan dibawah ini dengan baik.

Mengkonsumsi makanan sehat

Untuk menyehatkan otak dan mencegah kognitif otak serta ganggunan mental laninnya perlu kita meningkatkan atau memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan nutrisi dalam tubuh?

Mengkonsumsi bayam

Bayam merupakan sayuran ajaib bagi kesehatan. Dalam kandungan bayam terdapat antioksidan yang berfungsi untuk mempelambat penuaan pada otak dan meningkatkan kinerja pada otak.

Alpukat

Aplukat merupakatan buah yang kaya dengan vitamin E juga tinggi antioksidn dan vitamin C. Alpukat juga mengandung banyak lemak, tetapi lemak dalam buah alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang bisa memperlancar aliran darah sehat. Aliran darah sehat artinya otak yang sehat.

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa alpukat dapat menurunkan darah yang berarti bisa menyehatkan otak secara keseluruhan.

Beraktivitas fisik

Dalam melakukan aktivitas fisik, ada beberapa mekanisme yang mempengaruhi fungsi otak. Dengan bearktiviatas fisik maka otak akan bekerja secara optimal dengan menghasilkan protein brain-derived neurotrophic factor (BDNF) yang menmbanru meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan demikian akan mencegah kerusakan pada otak dan juga dapat mencegah terjadinya stroke. Hal ini sudah didukung oleh para peneliti bahwa dengan beraktivitas fisik dapat menyehatkan otak sehingga akan memiliki kemampuan akademik yang bagus.

Selain itu, peneliti juga menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi jahe mampu untuk meningkatkan dan menyehatkan otak. Karena jahe mampu mencegah terjadinya peradangan pada otak sehingga kinerja otak akan lancar.  Otak sehat, badan sehat dan kehidupan sehat.

Semoga bermanfaat!

Referensi :

Artikel tips menyehatka otak ini dirangkum dari berbagai sumber yang terpercaya mulai dari CNN dan beberapa sumber lain yang kredibel tentunya. 

Selain topik tips menyehatkan otak, penulis juga menyajikan konten kesehatan lainnya yang bisa dilihat di label atau menu yang tersedia.

Related Posts

2 komentar

  1. Terkadang kita juga harus menyehatkan otak kita sendiri agar lebih sehat dan fresh dalam berfikir, semoga kita menjadi manusia yang ber-otak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter