Ads 720 x 90

Bagaimana cara Mengatasi Kram Otot


Kram Otot – Mengatasi kram otot yang tiba-tiba datang pada suatu otot dapat dilakukan secara alami. Otot merupakan suatu jaringan dalam tubuh yang berfungsi untuk menggerakkan rangka dan organ pada tubuh. Usahakan jangan panik jika terjadi kram otot, karena cara mengatasi kram otot bisa dilakukan dengan mudah.

Apa yang dimaksud kram otot?

Kram otot adalah suatu yang bisa disebabkan akibat kelelahan berolahraga atau aktivitas lainya.  Kram merupakan suatu reaksi otot kejang atau kontraksi otot yang muncul disertai rasa nyeri. Pada dasarnya kram otot terjadi dalam kurun waktu tertentu, bisa hitungan menit atau jam. So, bagaimana cara mengatasi kram otot?

Cara mengatasi kram otot

Seperti yang tadi saya bicarakan diatas, jika mendapat kram otot jangan panik karena bisa bertambah parah dan semakin sakit. Cara mengatasi kram otot bisa dilakukan berbagai fase. Mengatasi kram otot perlu dilakukan berdasarkan tempat kejadian dan durasi kram tersebut.

Gunakan kompres hangat

Para ahli mengungkapkan bahwa suhu panas mampu mengatasi kram, cara ini dapat dilakukan jika terkena kram otot. Suhu panas atau hangat bisa didapatkan dengan mencelupkan kain ke air yang hangat lalu kompres ke otot yang kram.
Atur suhu panas dan tingkatkan secara perlahan jika kaki masih terasa kram


Lakukan peregangan

Jika terjadi kram otot coba lakukan peregangan dan tinggalkan dulu semua aktivitas yang menyebabkan kram. Kalau kram terjadi pada kaki, coba luruskan kaki dan tarik jari-jari ke arah lutut untuk meregangkan otot betis. Setelah kram mulai reda bisa juga memijat otot-otot dan memulai aktivitas kembali.


Konsumsi air putih yang banyak

Saat kram menyerang perbanyak minum air, karena kram bisa timbul akibat dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat otot kekurangan oksigen yang dapat memicu kram.
Cara mengatasi kram dengan mengkonsumsi air putih mungkin tidak langsung membuat kram mereda. Tetapi dapat mebantu mengurangi nyeri dan membuat lebih nyaman.

Cara mengatasi kram otot di seluruh badan

Kram juga bisa terjadi pada seluruh tubuh karena kontraksi otot yang memendek atau dikarenakan kontraksi otot secara tiba-tiba yang membuat rasa nyeri.untuk mengatasi kram otot di seluruh badan dapat dilakukan dengan cara dibawah ini.

Tingkatkan Kebugaran Tubuh

Untuk mengatasi kram otot pada seluruh tubuh perlu melakukan olahraga secara rutin. Selain itu dengan rutin berolahraga  mampu menjaga kondisi tubuh serta otot tetap terjaga dengan baik.

Menggunakan beban

Menggunakan beban pada area yang mengalami kram salah satu cara baik untuk mengatasi kram otot. Jika terjadi kram, ubah posisi tubuh anda untuk bertumpu pada bagian tubuh yang mengalami kram.

Berjalan

Jika rasa kram berkurang, maka coba berjalan yang berguna untuk mengatasi kram otot terjadi kembali  pada tempat yang sama. Karena beberapa otot yang terkena kram mungkin masih tetap terasa sakit dan belum stabil secara seperti biasanya.

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa mengonsumsi pisang dapat mengatasi kram otot. Karena pada buah pisang terdapat kalsium dan magnesium yang dapat meningkatkan elektrolit yang ada dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi kram otot yang bisa dilakukan saat terjadi kram. Semoga bermanfaat!


Referensi :
Muscle cramp
Foods That May Help With Muscle Cramps
5 Ways to End Muscle Cramps

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter