Ads 720 x 90

Khasiat Puasa bagi Kesehatan Tubuh, PENTING!


Khasiat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat Puasa bagi Kesehatan Tubuh, Puasa merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim yang beriman kepada Allah SWT. Selain mendapatkan berkah dari Allah SWT ternyata ada khasiat puasa bagi kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui. Apa saja khasiat puasa bagi kesehatan tubuh? Yuk simak penjelasan berikut.

Khasiat puasa bagi kesehatan tubuh

Mempunyai tubuh yang sehat merupakan keinginan semua orang. Berabagai macam cara dilakukan supaya mendapatkan tubuh yang sehat, mulai dari menjaga pola makan, olahraga hingga mengkonsumsi suplemen tambahan. Tetapi dari berpuasa bisa juga mendapatkan kesehatan tubuh yang sangat bagus. Berikut Khasiat puasa bagi kesehatan tubuh :

Menurunkan gula darah

Berpuasa ialah menahan lapar dan haus, Khasiat puasa bagi kesehatan tubuh mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Sebagaimana yang dilansir dokter sehat, dalam berpuasan dapat menurunkan kadar gula darah lebih dari 30%.

Menurunkan kolestrol

Kolestrol merupakan penyakit yang mengakibatkan kepala pusing dan berat. Dengan demikian, Khasiat  puasa bagi kesehatan bisa menurunkan kolestrol. Karena saat berpuasa makanan akan terjaga, dan kolestrol jahat akan menurun.

Hindari juga makanan berminyak yang  berlebihan saat berpuasa

Memperlancar kinerja otak

Sudah jelas kalau puasa  bisa menambah kinerja otak. Karena Khasiat puasa bagi kesehatan, darah akan mengalir dengan baik dan lancar ke otak, sebab kolestrol jahat menurun saat melakukan puasa. Sehingga kerja otak akan meningkat.

Menyehatkan jantung

Khasiat puasa bagi kesehatan ternyata dapat menyehatkan jantung. Meskipun masih terbatas, tapi penelitian juga menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kinerja otot jantung, mengurangi kerusakan radikal bebas, serta meningkatkan pembuluh darah darah di dalam jantung.

Meningkatkan fungsi organ tubuh

Khasiat puasa bagi kesehatan lainnya ialah meningkatkan fungsi organ tubuh. Dengan berpuasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, organ tubuh, serta jaringan. Hasil dari perangsangan ini akan memampu memulihkan dan meningkatkan fungsi organ sesai fisiologisnya.

Mengurangi resiko kena penyakit

Dalam menjalankan puasa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber utama, maka proses detoksifikasi dapat terjadi. Hal ini menyebabkan racun yang terkandung dalam lemak akan keluar secara bersamaan dengan digunakannya lemak sebagai bahan bakar tubuh.

Menurunkan berat badan

Khasiat puasa bagi kesehatan tubuh juga mampu menurunkan berat badan. Seperti yang dilansir pada hello sehat, tubuh tidak menerima asupan selama 12 jam.  Suatu penelitian mengungkapkan bahwa khasiat puasa bagi kesehatan tubuh secara signifikan dapat meningkatkan metabolisme lemak dalam tubuh. Bagi yang ingin melakukan diet saat bulan puasa suatu cara yang sangat bagus.

Perlu untuk diperhatikan untuk menjaga pola makan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa khasiat puasa bagi kesehatan tubuh selain  mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.
Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter