Ads 720 x 90

7 Manfaat Buah Pir yang Luar Biasa untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat buah pir, buah pir sangat banyak memberikan manfaat untuk tubuh dan kaya akan serat. Buah pir sangat terkenal sebagai buah yang kaya dengan anti-oksidan untuk menyelesaikan masalah kesehatan serta dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Manfaat buah pir untuk kesehatan

Pir merupakan buah sepsis tumbuhan pyrus communis  yang juga merupakan anggota dari tumbuhan rosaceae.

Pir pertama tumbuh di Negara Eropa dan Asia. Buah pir memiliki kandungan yang sangat banyak seperti vitamin A, vitamin E, asam pantotenat, kolin, betain, zat besi, niasin, seng, fosfor, dan selenium.

Untuk itu berikut beberapa manfaat buah pir yang bisa didapatkan jika rutin untuk mengkonsumsinya. 


1. Menurunkan berat badan

Jika sedang melakukan diet alangkah baiknya mengkonsumsi buah pir ini. Manfaat buah pir ternyata bisa menurunkan berat badan. Buah pir kaya akan serat yang membantu merasa kenyang lebih lama dan rendah kalori.

2. Memperkuat sistem imun

Buah pir sangat kaya dengan vitamin C dan vitamin K. Dengan tingginya kandungan tersebut, maka akan sangat baik untuk meningkatkan system imun dan membantu menyerap zat besi dengan baik sehingga produksi sel darah menjadi lebih baik.

3. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pir berikutnya ialah membanti mencegah penyakit jantung. Serat yang terkandung dalam buah pir bisa mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh.  Sudah jelas jika kadar kolestrol berkurang makan resiko terkena penyakit jantung juga berkurang, rutin mengkonsumsi biah pir bisa mengurangi resiko stroke hingga 50 persen.

4. Mencegah osteoporosis

Permasalah akan tulang menjadi sangat umum. manfaat buah pir untuk tulang tidak diragukan lagi, pir kaya akan boron yang membantu menyerap kalsium dengan mudah. pH tubuh bisa dipertahankan dengan kandungan buah-buahan dan sayuran setiap harinya.

5. Mengatasi sembelit

Kandungan serat pada pir cukup tinggi, maka tidak heran jika manfaat buah bir bagus untuk mengatasi sembelit. Jika terjadi sembelit cobalah makan 1 atau 2 buah pir perharinya. Pir juga bisa ditambahkan dalam campuran smoothie untuk membantu melancarkan pergerakan usus serta mengurangi rasa kembung.

6. Sangat bagus untuk kulit

Selain bagus untuk organ dalam tubuh, manfaat buah pir juag bagus untuk kesehatan kulit. Pir kaya dengan vitamin C yang sangat membantu meningkatkan kekebalan kulit terhadap infeksi. Lebih dari itu, anti-oksidan dalam buah pir memiliki efek anti-penuaan dan memberikan pembaharuan sel dalam kulit.

7. Melawan radikal bebas

Para ahli mengungkapkan bahwa buah pir yang sudah matang sangat kaya dengan anti-oksidan.
Jika rutin m engkonsumsinya, manfaat buah pir pada tubuh akan lebih baik dalam malawan radikal bebas. Sebuah penelitian di Univerisity of Innsbruck, Australia mengakatakan bahwa klorofil pada buah pir yang sudah matang akan menjadi antioksidan aktif yang sangat baik untuk tubuh kita.
Selain buat kesehatan tubuh, ternyata manfaat buah pir bagus untuk ibu hamil.

Manfaat buah pir untuk ibu hamil

Manfaat buah pir untuk ibu hamil bisa dirasakan daam kandunggannya. Pir benar-benar sangat aman untuk dikonsumsi waktu hamil, pir kaya dengan air yang mengandung nutrisi yang sangat penting bagi wanita hamil.

Berikut beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.


1. Membantu produksi sel darah

Kandungan pir bisa membantu produksi sel darah merah dengan  zat besi dan vitamin B. hal ini sangat penting bagi wanita hamil, karena wanita hamil butuh sekitar 1 liter darah lebih banyak dari pada orang dewasa yang tidak hamil.

Manfaat buah pir sangat membantu pengembangan beberapa organ dan system organ, seperti tulang, hati, pembuluh darah dan sebagainya. Selain itu, buah pir juga sangat penting dalam pertumbuhan janin. Asam float dalam buah pir membantu pengembangan darah dan system peredaran darah.

2. Bahan asupan kalori

Manfaat buah pir untuk ibu hamil berikutnya ialah sebagau asupan kalori. Alori sangat dibutuhkan ibu hamil sebagai sumber energ.  Kurangnya asupan kalori akan mengakibatkan ibu hamil lemah dan mudah sakit. Selain itu asupan kalori utnuk ibu hamil akan lebih banyak saat memasuki trimester ketiga.

3. Meminimalisir resiko cacat

Dengan rasa yang manis dan segar, buah pir mengandung vitamin B6. Dalam hal ini manfaat buah pir untuk ibu hamil sangat lah penting, karena kekurangan vitamin B6 akan menyebabkan risiko cacat yang lebih tinggi pada janin.

Dengan demikian, vitamin B6 mendukung perkembangan fungsi kognitif dan motoric pada janin dan bayi baru lahir. Buah pir juga  membantu dalam pertumbuhan jaringan saraf janin. Jadi vitamin B6 akan membuat tubuh tetap sehat dang mengatur respon imun terhadap infeksi.

4. Sumber vitamin C

Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya iala sebagai sumber vitamin C. Vitamin C merupakan anti-oksidan yang sangat pentinga dalam mengatur beberapa fungsi dalam tubuh manusia.

Dalam hal ini vitamin C membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif dan menggangu reaksi seluler yang penting dalam pertumbuhan, perkembangan dan produksi energi pada ibu hamil. Vitamin C pada buah pir mendorong perkembanan neurologis pada janin serta keterampilan kognitif pada bayi.

Selain itu, buah pir juga membantu memperkuat gusi dan gigi pada janin ibu hamil. Vitamin C membantu menyerap nutrisi dari makanan terutama zat besi. Dalam hal in zat besi sangat penting dalamperkembangan bayi, terutama dalam pembentukan darah dan system peredaran darah.

Nah, itulah beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan begitu juga untuk ibu hamil. Semoga artikel ini dapat membantu teman-teman setia pembaca ayo sehat balbol.



Refrensi :
Artikel ini dikutip dari beberapa sumber yang terpercaya dan sudah dinilai oleh para ahli.

Everything you need to know about pears

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter