Ads 720 x 90

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh

Manfaat buah sirsak
Manfaat buah sirsak, siapa yang tidak mengenali buah yang satu ini, memang memiliki rasa asam , dagingnya kenyal tapi sangat menyegarkan tubuh.  Siapa sangka, ternyata manfaat buah sirsak sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti masalah  kulit, bahkan kabarnya dapat menyembuhkan kanker tertentu.

Sebelum kita membahas manfaat buah sirsak, ada baiknya kita menegetahui kandungan buah sirsak. Untuk itu simak penjelasan berikut :

Kandungan buah sirsak

Dalam kandungan buah sirsak sebanyak 100 gr, terdapat 16,8 karbohidrat, 3,3 gr serat, 0,3 gr lemak, 66 kalori, 1 gr protein. Bicara masalah vitaminya, kandungan buah sirsak sebanyak 100 gr terdapat 10,6 mg vitamin C ( 34% AKG), serrta 0,1 mg vitamin B6 ( 3% AKG), sementara untuk kadar mineral buah sirsak sebagai berikut :


278  mg potasium (8% AKG)
21 mg magnesium (5% AKG)
0,1  mg thiamin (5% AKG)
0,9  mg niasin (4% AKG)
0,1  mg tembaga (4% AKG)
0,1  mg riboflavin (3% AKG)
14 mg folat (3% AKG)
0,6 mg zat besi (3% AKG)
27 mg fosfor (3% AKG)
0,3  mg asam pantotenat (3% AKG)

Lantas, dengan kandungan yang begitu banyak, apakah manfaat buah sirsak untuk kesehatan tubuh?

Manfaat buah sirsak

Buah sirsak pada dasarnya ditemui dinegara – Negara amerika selatan. Dengan bentuk menyerupai jantung dan duri – duri kecil yang tidak terlalu tajam serta berwarna hijau. Rasa dari buah ini merupakan kombinasi antara stroberi dan nanas. Selain untuk dikonsumsi secara langsung, manfaat buah sirsak bisa diolah menjadi jus, makanan penutup dan obat traisional. Nah, penasaranapa manfaat buah sirsak? Berikut manfaat buah sirsak yang bisa didapatkan jika mengkonsumsi secara rutin.

Mengatasi kanker

Manfaat buah sirsak yang pertama ialah mampu mengatasi kanker, dalam sebuah studi diungkapkan bajwa dalam kandungan buah sirsak mengandung anntioksidan tinggi sejenis saponin, alkaloid, flavonoid, kumarin, lakton, tannin, dan masih banyak lagi. Dari berbagai kandungan ini memberikan manfaat buah sursak yang mampu mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan tumor.

Menyembuhkan infeksi

Manfaat buah sirsak juga dipakai untukmenyembuhkan berbaga macam nfeksi akibat bakteri atau parasite, seperti leishmaniasis ( penyakit parasite yang menulas lewat gigitan lalat). Selain itu, buah sirsak juga dipakai untukmengobati batuk, muntah, hingga herpes. Seperti pada umumnya, akteri dapat menimbulkan penyakit seperti batuk, demam, da gejala lainnya.

Selain itu, sirsak juga bisa dignakam sebagai obat radang sendi, maka coba gosokkan ramuan sirsak ke area yang sakit untuk meredakannya. Kandungan anti-radang dalam sirsak dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sekaligus meningkatkan fleksibelitas sendi.

Menghilangkan stress

Manfaat buah sirsak berikutnya ialah eapat menghilangkan sters. Dalam kandungan buah sirsak terdapat anti peradangan yang bisa membuat seseorang merasa tenang. Hal tersebut bisa dilakukan jika menderita stress berlebihan serta kecemasan. Setiap orang perlu terbebas dari stress, karena hormone stress dapat mengakibatkan metabolisme rusak dan kacau.

Selain membantu menghilangkan stress, manfaat buah sirsak juga berguna mengatasi insomnia.


Membunuh parasit

Buah sirsak telah lama menjadi pengobatan tradisoinal paling polpuler di daerah Amerika Latin dan Amerika Selatan. Dalam kandungan buah sirsak, terdapat juga antiparasit dan antibakteri yang membantu melindungi tubuh dari infeksi parasit, hal ini terjadi karena buah sisak mengandung vitamin C.

Meningkatkan energi

Manfaat buah sirsak yang satu ini didampingi oleh gula sejenis fruktosa yang tinggi yang merupakan sumber karbohidrat sehinggan dapat meningkatkan energy setelah mengkonsumsinya.

Nah, itulah beberapa dari manfaat buah sirsak beserta kandungan yang bisa dilampirkan untuk sobat Ayo sehat balbol semua.
Semoga bermanfaat!

Refrensi :
Artikel ini dikutip dari sumber terpercaya seperti  hellosehat, honestdocs, CNN dan masih banyak lagi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter