Ads 720 x 90

5 Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat cengkeh, cengkeh merupakan suatu bahan yang dibuat sebagai penyedap makanan, minuman hingga rokok. Selain itu cengkeh bisa dijadikan sebagai sumber kesehatan. Lantas apakah manfaat cengkeh bagi kesehatan tubuh?

Manfaat cengkeh bagi kesehatan

Sebelum membahas manfaat cengkeh, ternyata dari dulu masyarakat Indonesia dudah menjadikan cengkeh sebagai bumbu masakan, dan obat herbal. Selain itu, minyak cengkeh juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi dan berguna sebagai aroma terapi.

1. Menguatkan tulang

Manfaat cengkeh yang pertama ialah menguatkan tulang. Senyawa fenolik, flavon, isoflavon, dan flavonoid berfungsi membantu menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral serta meningkatkan kekuatan tulang dalam kasus osteoporosis.

2. Menyehatkan jantung

Dari dulu penyakit jantung merupakan suatu penyakit paling menakutkan didunia. Dalam kandungan cengkeh terdapat Eugenol yang bersifat mencegah pembekuan darah. Dengan demikian manfaat cengkeh mampu membantu terjadinya penyakit jantung dan stroke.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat cengkeh berikutnya ialah menjaga kesehatan pada system pencernaan supaya berfungsi maksimal. Cengkeh merangsang pada pencernaan, mengurangi perut kembung, dispesia, mual dan mengatasi iritasi pada lambung. Selain itu pakar kesehatan juga mengatakan bahwa penderita diare harus dan disentri kronis, sepertinya harus mencoba manfaat dari cengkeh ini.

4. Mengatasi ejakulasi dini

Manfaat cengkeh ternyata juga bisa mengatasi ejakulasi dini. Para penelitian mengungkapkan, bahwa dengan mengoleskan minyak cengkeh alami serta ditambah seperti gingseng baru dioleskan ke kulit penis. Hal ini dapat mengatasi ejakulasi dini dan hasilnya pun cukup efektif.

5. Melindungi fungsi hati

Cengkeh merupakan salah satu tanaman yang mengandung antioksidan. Dimana fungsi tersebut membantu melindungi organ radikal bebas, terutama hati. Dalam jangka panjang, metabolism dapat meningkatkan radikal bebas dan profil lipid, serta mengurangi anti oksidan dihati.

Untuk membantu menangkal efek ini, kita bisa mendapatkan manfaat cengkeh karena sifat hepatoprotektifnya. Walau demikian, hal ini butuh penelitian lanjutan.

Selain bagus buat kesehatan, ternyata ada juga manfaat cengkeh untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat cengkeh untuk kesehatan kulit

Minyak esensial merupakan suatu minyak yang terbuat dari bahan – bahan alami, baik dari tanaman maupun hewan. Salah satunya adalah cengkeh, cengkeh yang diekstrak menjadi minyak atau sering disebut minyak cengkeh. Ternyata manfaat cengkeh untuk kesehatan kulit bekerja sangat efektif. Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut.

1. Membuat kulit lebih glowing

Untuk mendaptkan kulit yang bercahaya, tentu menggunakan bahan-bahan yang tertentu dan berkualitas. Ada baiknya menggunakan bahan alami seperti minyak cengkeh. Minyak cengkeh mengandung zat uegenol yang berguna menstimulasi proses regenerai sel-sel kulit baru. Tidak heran kalau manfaat cengkeh untuk kesehatan kulit ini menjadikan kulit lebih bercahaya dan cerah.

2. Mencegah jerawat

Manfaat cengkeh untuk kesehatan kulit berikutnya ialah mencegah jerawat. Seperti yang dilansir dari laman Oranic facst, minyak cengkeh mengandung zat anti mikrobakteri. Kandungan tersbut sangat membantu bagi pemilik kulit yang rentan jerawatan. Maka tidak ada salahnya menggunakan minyak cengkeh sebagai bahan untukmenjaga kebersihan kulit.

3. Megatasi garis halus

Sebagai anti penuaan, hal ini minyak cengkeh mengandung moisturizer yang menjaga kelembapan kulit secara optimal. Tidak hanya itu saja, manfaat cengkeh untuk kesehatan kulit juga dapat memudarkan garis-garis halus secara natural.

Nah, itulah beberapa manfaat cengkeh bagi kesehatan dan manfaat cengkeh untuk kesehatan kulit yang perlu kita ketahui.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter