Ads 720 x 90

5 Manfaat daun Binahong untuk Kesehatan

Manfaat daun Binahong, siapa yang tidak mengetahui tanaman yang satu ini. Jenis tanaman yang satu ini kerap kita temui di pekarangan rumah kita. Selain mudah ditemukan, tanaman ini sangat identic dengan bentuk love dan terlihat kesan.  Selain itu,  manfaat daun binahong juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit rematik.

Meskipun tanaman ini bukan asli dari Indonesia, tetapi sudah cukup lama berdomisili di Indonesia dan nama lain daun binahong adaalah Gondola (Basella Rubra Linn). Tanaman ini sangat cocok tumbuh dikawasan yg dingin dan lembap. Manfaat daun binahong ini juga bagus untuk pencernaan dan meningkatkan vitalitas pria.

Manfaat daun binahong

Dengan manfaat yang begitu banyak dan mudah didapatkan, berikut beberapa manfaat daun  binahong untuk kesehatan yang bisa kita rasakan:

1. Mengatasi maag

Manfaat daun binahong yang pertama ialah mengatasi maag. Timbulnya penyakit ini karena disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan. Dengan menggunakan manfaat daun binahong, makan asam lambung akan mejadi normal. Untuk itu berikut cara mengolah daun binahong untuk mengatasi maag.

  1. Ambil daun kelor 5-10 lembar cuci dengan bersih
  2. Rebus daun binahong denga air sebanyak 500ml, tunggu sampai mendidih
  3. Pengolahan,Usahakan menggunakan bahan alamu dari tanah
  4. Minum air rebusan binahong sehari 2x secara rutin

Selain itu, manfaat daun binahong juga bisa menangkal berbagai radikal bebas pada tubuh. Dalamkandungan daun binahong terdpat antioksidan yang membuat tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya.

2. Mencegah diabetes

Meskipun bukan suatu penyatkit yang mematikan, tetapi penyakit diabetes masih tergolong sangat berbahaya dan mengancam kesehatan pada tubuh. Sampai saat ini, belum ada ahli yang bisa mengobati diabetes sepenuhnya. Sebagai penderit hanya menjaga kadar gula darah hingga normal untuk tidak menimbulkan dampak yang serius
.
Dalam kandungan daun binahong terdapat senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Dalam hal ini, manfaat daun binahong membantu menurunkan kadar gula darah secara normal.

3. Mengatasi jerawat

jerawat merupakan suatu masalah yang popular dikalangan para remaja. Akibat timbulnya jerawat membuat seseorang akan hilang kepercayan diri dan malu, sehingga banyak yang menutupi jerawatnya dengan berbagai macam cara.

Sekarang tidak usah kwatir, manfaat daun binahong untuk jerwat sangat lah ampuh dan tergolong bagus untuk wajah. 

Cara mengolah daun binahong untuk jerawat ialah, menghaluskan beberapa lembar daun binahong lalu mengoleskan pada area yang terkena jerawat.

4. Menambah stamina dan vitalitas pria

Buat yang sering kerja berat mengkonsumsi daun binahong sangatlah bagus, karena manfaat daun binahong dapat mengembalikan stamina tubuh yang terkuras saat bekerja. Cara mengolah daun binahong sangat mudah, rebus 1 lembar daun binahong dengan 2 gelas air hingga mendidih dan air yang tersisia hanya 1 gelas lalu minumlah.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal lakukan setiap hari


Selain itu, para lelaki yang lemah syahwat bisa juga mengelola daun binahong untuk medapatkan vitalitasnya. Cara nya cukup mudah, ambil 3-10 lembar daun binahong rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih hingga yang tersisa 1 gelas kemudian minum. Lakukan cara ini setiap harinya. Selain buat pria, Manfaat daun untuk kesuburan juga sangat bagus.

5. Menyembuhkan luka

Manfaatdaun binahong berikutnya ialah mempercepat menyembuhkan luka. Kandunagn anti septik pada daun binahong membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Cara mengolah daun binahong untuk menyembuhkan luka ialah menghaluskan daun binahong yang masih segar dan tempeljan pada luka. Selain itu, manfaat daun binahong juga membantu meringankan dan mempercepat penyebuhan luka memar atau bahkan bengkak.

Nah, itulah beberapa manfaat daun binahong yang dapat kita rangkum. Selain manfaat yang diatas, ada beberapa manfaat daun binahong yang lain. Diataranya ialah manfaat daun binahong kering, manfaat daun binahong untuk masalah pencernaan dan masih banyak lagi. Terus ikuti jejak ayo sehat balbol supaya tidak ketinggalan informasi seputar kesehatan secara alami.

Semoga bermmanfaat!

Referensi :
Artikel ini dikutip dari sumber-sumber terpercaya seperti Idm Times, dokter sehat, halodoc, health detik dan masih banyak lagi.
Binahong Leaves and benefits side effects for the health of the body

Related Posts

2 komentar

  1. Min nanya.. biasanya tanaman binong nya tumbuh di mana ya .. di kebun atau di mana min thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mastarmin,
      Jadi gini, tanaman binahong ini sangat mudah untuk ditanam dan tumbuh. Tanaman ini bisa kita tanam dipekarangan rumah, dikebun asalkan tanahnya subur.

      Hapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter