Ads 720 x 90

5 Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan

Manfaat daun saga, daun saga adalah suatu tanaman dari Saga Rambat/Saga Telik (Abrus Precatorius) yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini sangat mudah ditemui di kebun, di pinggir jalan, bahkan di pekarangan rumah. Banyak orang menganggap bahwa tanaman ini penggagu karena sifatnya merambat atau menempel pada batangan. Meski demikian, banyak orang yang tidak tau manfaat daun saga seperti manfaat daun saga untuk lambung, manfaat daun saga untuk paru-paru dan masih banyak lagi.

Sebuah studi farmasi dilakukan, dalam daun saga terdapat banyak vitamin, mineral dankandungan kimia lainnya yang baik untuk tubuh seperti protein, vitamin A, B!, B6, C, kalsium, oksalat, gilsirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, pentosan, saponin dan flavonoid. Dengan kandungan yang begitu banyak maka tak heran banyak masyarakat yang menggunakan daun saga untuk bahan pengobatan tradisional.

Selain manfaat daun saga untuk lambung, ternyata masih ada manfaat daun saga lainnya yang perlu kita ketahui.

Mengobati sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang sering ditemui orang. Rasa perih dalam mulut membuat seseorang susah untuk makan dan bicara. Untuk yang pertama manfaat daun saga bisa mengobati dan mengatasu sariawan. Cara mengaplikasikan daun saga cukup mudah, pertama ambil beberapa daun saga kemudian jemur hingga layu. Selanjutnya kunyah daun saga tanpa ditelan.

Meredakan panas dalam


Manfaat daun saga berikutnya ialah membantu meredakan panas dalam.  Salah satu tanda panas dalam ialah bibir pecah-pecah, dan tenggorokan kering. Untuk cara mengaplikasikan daun saga ialah dengan mengambil sekitar 10-15 tangkai daun saga. Kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan 2 gelas air yang mendidih dan biarkan sampai tersisa 1 gelas air. Setelah dingin maka saring dan minum air daun saga tersebut.

Untuk mendapatkan hasil maksimal minum air daun saga minaml 1 kali sehari


Meningkatkan nafsu makan


Jika punya masalah dengan nafsu makan, maka sudah saatnya untuk mengkonsumsi daun saga. Daun saga mengandug vitamin B yang berfungsi membantu meningkatkan nafsu makan. Coba masukkan beberapa helai daun saga kedalam panic yang berisi nasi baru matang dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah 10 menit gunakan adun saga sebagai penambah sayuran untuk dimakan. Selain menambah nafsu makan, manfaat daun saga juga berguna untuk menaikkan berat badan.

Menjaga kelembapan kulit


Manfaat daun saga selajutnya ialah menjaga kelembapan kulit. Dalam kandungan daun saga terdapat senyawa glisirizin (gliserin) alami yang bersifat menyerap kadar air. Karena dengan kandungan tersebut daun saga bisa digunakan untuk menjaga kelembapan kulit dengan pengobatan luar atau digunakan masker dan pengobatan dalam dengan merebus daun saga.

Menyuburkan rambut


Manfaat daun saga yang satu ini sangat menarik perhatian setiap orang. Kenapa tidak, karena dauns aga bisa menghaluskan dan menyuburkan rambut. Sudah jelas kalau setiap orang ingin mempunyai rambut yang halus dan sehat. Cara menggunakan daun saga iaah ambil beberapa biji daun saga lalu tumbuk sampai halus. Hati- hati dalam menghalsukan daun saga karena pada biji daun saga mengandung racun. Setelah halus secara merata maka sedu dengan air panas hingga mengental seperti bubur, kemudian oleskan pada rambut dan tunggu sampau 15 menit. Setelah 15 menit maka bila rambut dengan bersih.

Untuk mendapatkan hasil maksimal gunakan daun saga secara rutin.

Dengan manfaat daun saga yang begitu banyak, ternyata ada beberapa efek samping daun saga jika salah mengkonsumsinya. Daun saga terdapat 2 macam yaitu daun saga rambat dan daun saga pohon. Perbedaan 2 macam daun saga in benar - benar jauh dan sangat berbeda.

Daun saga rambat memiliki biji yang mengandung racun dan sangat jelas berbahaya jika sampai mengkonsumsi biji daun saga rambat ini. Berbeda dengan daun saga pohon, biji daun saga pohon malah dapat dokonsumsi dan mengandung protein yang tinggi.

Nah, itulah beberapa manfaat dan saga dan efek samping daun saga. Sebaiknya berhati - hati dalam mengkonsumsi bahan apapun, jika perlu tanyakan kepada orang yang mengerti akan hal tersebut untuk menghindari kesalah pemakaian dan keracunan.

Refrensi :

Artikel ini dikutip dari sumber terpercaya seperti kompasiana, cintai hidup dan masih banyak lagi.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter