Ads 720 x 90

Cara Mengatasi Nyeri Haid yang baik dan Alami


Nyeri haid - Mengatasi Nyeri Haid, Nyeri haid merupakan suatu keluhan umum yang dialami setiap wanita saat datang bulan. Nyeri haid biasanya muncul pada awal masa mensturasi, tepatnya pada bagian bawah perut. Tapi jangan kawatir, disini akan dibahas cara mengatasi nyeri haid yang dilakukan secara alamiotanpa bahan kimia.

Penyebab timbulnya nyeri haid

Otot dinding rahim pada wanita saat mengalami kontraksi sangatlah lembut, tapi bedahalnya ketika saat mensturasi  tiba, pergerakan kontraksi akan semakin kencang yang disebabkan adanya menggugurkan pembuluh darah yangmenebal pada dinding Rahim, maka akan menibulkan rasa nyeri yang luar biasa.

Tidak hanya itu saja, nyeri haid juga bisa ditimbulkan karena pengeluaran zat kimia prostaglandin pada tubuh, sehingga penggerakan kontraksi pada Rahim semakin kuat. Selain itu, prostaglandin pada tubuh menimbulkan gejala lainnya pada tubuh seperti, diare, kram pada perut, lemas serta sakit kepala.

Mengatasi nyeri haid yang tepat

Mengatasi nyeri haid perlu dilakukan jika rasa nyeri semakin terasa. Sebelum minum obat berbahan kimia, ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi nyeri haid secara alami. Untuk itu simak penjelasan berikut :

Konsumsi minum teh

Dalam jurnal yang dirilis oleh journal of Agriculture and Chemistry mengungkapkan bahwa the chamomile bagus untukmengurangi rasa sakit dan mengatasi nyeri haid. 

Kompres dengan air hangat

Cara mengatasi nyeri haid yang pertama ialah dengan mengompres perut bagian bawah. Metode ini dilakukan supaya otot-otot di sekitae abdomen lebih relaks, sehingga bisa membantu mengatasi nyeri haid. Cara ini bisa dilakukan beberapa  cara, yaitu dengan menggunakan handuk dan botol atau berendam langsung dengan air hangat.

Hindari makanan tertentu

Menghindari beberapa makanan tertentu saat haid merupakan cara yang bagus untuk mengatasi nyeri haid. Makanan berlemak, alcohol, soda merupakan jenis makanan yang menyebabkan resistansi air dalam tubuh sehingga akan memperparah nyeri haid.
Selain itu, minuman yang mengandung kafien juga perlu dihindari

Lakukan Olahraga Ringan

Akibat nyeri terkadang membuat seseeorang tidak sanggup untuk bergerak. Akan tetapi dengan melakukan olahraga yang ringan bisa membantu memperlancar peredaran darah yang baik bagi tubuh. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid, karena melakukan peregangan tubuh dengan cendrung rutin rasa nyeri pada perut akan hilang secara perlahan.

Perbanyak minum air putih

Minum air putih merupakan suatu anjuran yang selalu kita dengar dan tidak asing lagi. Minum air putih memang banyak manfaatnya, termasuk mengurangi dan mengatasi nyeri haid. Air putih hanga biasanya sangat bagus mengatasi kram, karena air putih hangat dapat membantu meningkatkan kelancara darah ke kulit dan membantu merelaksasikan otot yang kram.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri haid. Sengaja dilampirkan secara bahan alami, karena bahan alami merupakan bahan yang sangat bagus untuk pengobatan serta minim efek samping.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter