Ads 720 x 90

Efek Akibat Kurang Tidur

Akibat Kurang Tidur

Ayo sehat – Akibat kurang tidur kita sering mengalami hal – hal yang tidak terduga dan berdampak buruk bagi kita sendiri terutama kesehatan tubuh. Seperti yang kita ketahui, tidur merupakan suatu aktivitas yang wajib dipenuhi setiap manusia. Para ahli mengatakan setiap orang memerlukan 8 – 10 jam untuk tidur setelah aktivitas sehari – hari.

Efek kurang tidur salah satu tidak baik untuk kesehatan kulit terutama bagian wajah. Namun, ada banyak sekali faktor-faktor luar yang menyebabkan tubuh kalian kurang beristirahat. Seperti begadang, nonton tv, dll.

Nah, disini saya akan berbagi sedikit akibat kurang tidur yang wajib sobat ketahui. Simak penjelasan dibawah ini :

Konsetrasi menurun


Akibat kurang tidur konsentrasi kita akan jelas menurun baik dalam berfikir, kewaspadaan dan pemecahan masalah. Dengan tidur yang cukup pada  malam hari  akan menguatkan memori dalam pikiran kita. Jika sobat kekurangan tidur, maka akan susah untuk mengigat apa yang dipelajari atau yang dialami selama seharian.

Emosional


Kurang tidur tidak hanya beban secara fisikal, namun emosional juga mempengaruhi akibat kurang tidur. Para ahli membuktikan bahwa kurang tidur akan menjadikan sobat gampang marah dan sangat sensitif.

Resiko Kanker


para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam dimalam hari akan beresiko menderita polip kolorektal. Para penderita polip kolorektal akan mendapatkan kanker hingga 47% dibandingkan orang yang memiliku tidur yang cukup.

Turunnya IQ


Turunnya IQ seorang anak bukan saja dari masalah kurang belajar. Namun, turunnya IQ seorang anak bisa dari akibat kurang tidur.  Peneliti dari University of  Virginia menemukan anak- anak yang mengalammai kecerdasan. Mereka juga mendapatkan nilai yang lebih rendah di sekolah dan tidakmampu mengembangkan hubungan baik dengan teman sebayanya. Semakin cepat tidur setelah belajar, maka semakin banyak peluang untuk mengingat pelajaran nantinya.

Akibat kurang tidur juga dapat menyebabkan kepala terasa sakit dan berat. Untuk itu ada baiknya jika sobat yang sering begadang dan kurang istirahat untuk  memperbaiki pola istirahat yang baik dan memelihara tubuh agar selalu sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter