Ads 720 x 90

Wajib Anda ketahui Manfaat Minum Air Putih

Manfaat Minum Air Putih

Ayo sehat –  Manfaat minum air putih mungkin sebagian kecil dari kita belum mengetahui. Mengkonsumsi air putih merupakan  suatu  kebutuhan yang penting  dalam kehidupan sehari – hari. Orang sering kali lupa untuk menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Manfaat minum air putih juga bukan hanya sebagai suatu kebutuhan, melainkan sebuah sumber kehidupan.

Perlu kita ketahui bersama, lebih dari 50% tubuh kita berisi cairan. Sehingga manfaat minum air putih sangatlah penting. Secara ideal, manusia harus mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 1.5 – 2  liter perharinya.

Manfaat minum air putih juga bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, melainkan untuk menjaga kesehatan kulit umunya pada wajah.

Berikut ada beberapa manfaat minum air putih yang perlu kita ketahui.

Menghindari batu ginjal


Pernahkah Anda mendengar tentang batu ginjal, gagal ginjal? Alasan utamanya adalah kurangnya cairan atau yang sering kita dengar tentang kekurangan air minum atau air putih. Kita perlu tahu bahwa ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal membutuhkan cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak diperlukan dalam tubuh, air adalah kunci / senjata utama.

Minum air putih mampu mengencerkan garam serta mineral dalam urin yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.  Selain menghindari batu ginjal, minum air putih yang cukup juga mampu membersihkan ginjal dari kotoran, kemudian kotoran pada usus akan keluar dengan lancar.

Menyehatkan jantung


Mengkonsumsi air putih yang cukup juga mampu menyehatkan jantung. Karena aliran darah ke jantung akan semakin lancar sehingga tubuh kita terhindar dari berbagai macam penyakit jantung.

Melumasi sendi


Pada bagian tulang belakang terdapat yang namanya tulang rawan yang mengandung air sekitar 80% didalamnya. Jika kita mengalami dehidrasi dengan jangka yang cukup panjang, maka akan  mengurangi penyerapan goncangan sendi. Sehingga akan menyebabkan nyeri sendi.


Meningkatkan Konsentrasi



Menurut beberapa ahli dengan minum air putih yang cukup dapat membantu kita untuk konsentrasi. Karena ketika kita mengalami dehidrasi akan berdampak menurunkan kinerja organ tubuh seperti jantung, paru- paru dan organ lainnya. Akibat menurunnnya kinerja organ tubuh maka akan kita akan rentan terkena penyakit.

Dehidrasi juga berpengaruh pada kinerja otak dan akan sulit untuk konsentrasi. Dengan meminum air putih yang cukup aliran oksigen ke otak akan semakin lancar dan otak bisa untuk berkonsentrasi.

Menjaga Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh


Menjaga keseimbangan cairan tubuh juga salah satu hal penting dan perlu diperhatikan. Pasalnya, asupan cairan yang cukup akan membuat tubuh bekerja dengan baik ketika sesuai dengan kebutuhannya. Lebih-lebih saat musim kemarau, dimana cairan dalam tubuh akan lebih cepat terkuras. Hal yang utaman adalah dengan minum air putih hingga cairah dalam tubuh terpenuhi. Namun menurut ahli medis disarankan minum tanpa menunggu haus terlebih dulu. Disarankan menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh dengan mengonsumsi air putih.

Menurut penelitian 60 % tubuh manusia terdiri dari air dan dengan rutin minum air membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mencerna makanan dan mengatur suhu tubuh. Sementara jumlah air yang disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya adalah 1,2-1,5 liter/hari. Kalau di diukur dengan takaran gelas sekitar 6 (enam) hingga 8 (delapan) gelas air setiap hari. Meski demikian dilarang diminum sekaligus karena memberikan dampak yang kurang baik pada tubuh.


Mengontrol Kalori dan Menurunkan Berat Badan


Membatasi kalori termasuk hal penting juga dalam menjalani diet, namun hal tersebut akan sangat sulit jika mengalami obesitas dan kegemukan. Dengan banyak minum air menurut penelitian secara efektif dapat mengurangi asuapan kalori dan nafsu makan, sehingga jika kamu mengkonsumsi air putih sebelum makan memiliki peluang 44% berat badan menurun. Selain itu juga dengan rutin minum air putih selama 12 minggu mampu menurunkan berat bada hingga 2 kg. Pada umumnya berat badan dipengaruhi oleh pola konsumsi dan seberapa banyak asupan kalori yang didapat dari makanan harian. Oleh sebab itu konsumsilah air minum sebab hal itu mampu mengendalikan nafsu makan.

Konsumsi air putih mempercepat proses metabolisme : Selain memberikan manfaat dalam mengendalikan asupan kalori, mengkonsumsu air minum juga bisa membantu membakar lemak pada tuubuh dengan meningkatkan metabolisme. Dalam sebuah studi efek metabolisme dari konsumsi air minum sebanyak 500 ml dapat meningkatkan metabolisme hingga sebesar 24% dari kondisi biasanya. Metabolisme dalam kasus ini bisa bertahan 60 menit setelah mengkonsumsi air putih.

Meningkatkan Energi


Jika keseringan merasa lelah terutama dipagi hari, cobalah minumlah segelas air putih (hangat). Sel darah akan terangsang lebih cepat ketika minun air putih pada saat perut kosong, selain itu dapat melancarkan asupan oksigen ke dalam darah. Dengan demikian, tubuh akan merasa lebih segar dan semangat untuk memulai aktifitas sehari-hari. Lebih-lebih saat olahraga tentunya akan merasa kelelahan, otot yang kekurangan air tidak akan bisa bekerja secara optimal.

Membantu Mengeluarkan Racun


Manfaat air putih salah satunya adalah membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga air membantu tubuh menjalankan fungsinya secara baik. Saat minum air putih secara tidak langsung mengeluatkan racun dalam tubuh. Jadi jangan malas sering minur air. Minum 8-10 gelas air putih setiap hari sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan tubuh, namun perlu menambah konsumsi air saat melakukan detoksifikasi.

Perlu diketahui kebutuhan air setiap orang tidak sama, tergantung jenis kelamin dan ukuran tubuhnya. Yang pasti kebutuhan akan cairan akan meningkat saat Anda lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Banyak minum tentunya akan membuat tubuh akan berkeringat, dengan keringat itulah racun-racun dalam tubuh akan keluar, seperti mengurangi infeksi saluran kemih dan resiko batu ginjal.


Membuat kulit halus dan bercahaya


Minum air yang cukup dapat membantu melembabkan kulit Anda, menjaganya tetap segar, lembut, ringan dan halus. Racun dalam tubuh dapat memiliki efek yang dapat menyebabkan kulit meradang, menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya timbul lah jerawat.

Mengkonsumsi air ini dapat meningkatkan proses pembuangan racun melalui keringat yang seragam, yang pada akhirnya dapat membuat kulit halus dan bercahaya. Apakah Anda yakin tidak ingin mencerahkan kulit Anda? Daripada bosan mencari perawatan kulit atau membuang-buang uang untuk membeli produk kecantikan dengan tujuan ini, yang terbaik adalah hanya minum air putih. Minum air putih dapat membantu tubuh Anda membuang semua racun dengan lebih efektif dan membuat kulit Anda lebih sehat dan cerah.


Mencegah penuaan dini


Diketahui bahwa manfaat air minum adalah pencegahan penuaan dini. Minum banyak air putih dapat menghilangkan racun dalam tubuh yang dapat mengencangkan kulit dengan menyempitkan pori-pori dan berdampak pada penuaan dini. Tidak heran rahasia pemuda abadi orang Indonesia atau terkenal di dunia adalah minum air secara teratur.

Mencegah dan menyembuhkan demam


Pernahkah Anda demam? Nah dari pengalaman pribadi, jika saya demam, saya jarang pergi ke dokter, yang saya lakukan adalah minum banyak air secara teratur. Cobalah minum beberapa gelas air setiap jam, ini menyebabkan kita sering buang air kecil, dan dalam satu atau dua hari demam akan mereda (pengalaman saya).

Meningkatkan sistem peredaran darah


Air dapat membantu meningkatkan dan memperlancar sistem peredaran darah manusia. Konsumsi air akan membantu dalam proses transportasi dalam tubuh manusia.

Mengobati sakit kepala dan migrain


Jika Anda mengalami sakit kepala atau migrain, hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan bantuan adalah minum banyak air. Sakit kepala dan migrain sering disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology, para peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan air membantu mengurangi jumlah dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.

Itulah keajaiban manfaat minum air putih yang bisa Anda rasakan jika minum tercukupi. Yuk mulai sekarang jaga asupan cairan dalam tubuh!!

Semoga bermanfaat! 

Related Posts

2 komentar

  1. Wah sepertinya saya harus banyak minum air putih nih. Soale saya cepat hilang konsentrasi. Mungkin itu penyebabe.. Thanks min atas artikele, sangat membantu

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter