Ads 720 x 90

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Manfaat buah plum, siapa yang pernah mencicipi buah plum? Yaa,,,buah yang satu ini mungkin agak tergolong langka di Negara tercinta Indonesia. Buah yang satu ini merupakan buah impor makanya tergolong langka di Negara kita. Agar banyak yang berminat untuk mebudidayakannya, ayo kita simak manfaat buah plum ini.

Kandungan gizi buah plum


Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan
ayosehat.balbol.com

Buah yang popular di Negara tiongkok ini menyimpan banyak senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti antioksidan yang tentunya beguna untuk melawan radikal bebas, zat besi untuk mencegah aneima serta sorbitol dan isatin yang berguna mengatasi sembelit.

Bagi yang melakukan program diet, buah  yang satu ini cocok dimasukkan dalam daftar menu diet. Karena buah ini rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh.

Apa manfaat buah plum buat kesehatan?


Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan
ayosehat.balbol.com

Dengan manfaat buah plum yang begitu banyak, diataranya sebaga antioksidan, membantu mengasati obesitas serta koplikasinya dan masih banyak lagi. Untuk itu mari kita basah satu persatu.

Sebagai Antioksidan


Buah plum memliku kemampuan sebagai antioksidan. Jangan heran kalau buah ini mengandung banyak vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. Dengan adanya zat ini menjadikan buah plum mempunyai beragam warna sebagai antioksidan yang tangguh untuk mencegah kerusakan sel pada tubuh.

Selain itu, dengan kehadiran fenol didalamnya membuat buah plum semakin gahar sebagai antioksidan yang berperan melawan radikal bebas.

Menurunkan kolesterol


Selain untuk anti oksidan, manfaat buah plum juga bisa digunakan untuk menurunkan kolestrol. Beberapa medis mengungkapkan bahwa asam propionate memiliki kemampuan untuk menurunkan kolestrol. 

Asam propionate terlahir dari serat buah plum yang tidak larut. Menurut medis, bahwa asam propionate ini dapat menghambat HMG-CoA reduktase, enzim yang ikut dalam produksi kolestrol oleh hati.

Jadi, dengan menurunkan enzim ini, asam propionate membantu untuk menurunkan kolestrol darah dengan mngikat azam empedu kemudian mengeluarkannya lewat kotoran.

Meningkatkan kecerdasan otak


Manfaat buah plum untuk kesehatan selanjutnya ialah dapat meningkatkan kecerdasan otak. Selain berpersan untuk memerangi radikal bebas yang dapat memicuk adanya kanker, antioksidan yang terkandung dalam buah plum ini juga membantu mencegah pikun karena membantu menetralisir radikal bebas yang memerangi sel otak.

Menurunkan berat badan


Seperti yang kami beritahukan sebelumnya, manfaat buah plum juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan atau sebagai asupanuntuk diet. Alasnnya cukup singkat, buah plum mengandung serat dan indeks glikemiknya rendah.padatnya serat buah memperlambat pencernaan dalam perut, sedangkan indek glikemik rendah berguna untuk mengatur pelepasan kadar gula darah.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat bauh plum untuk kesehatan selanjutnya ialah dapat menjaga kesehatan jantung. Buah plum merupakan buah dengan kalium yang baik. Mineral ini dapat membantu kesehatan jantung, influs saraf, tekanan darah serta kontraksi otot jantung. Karena tubuh tidak mampu menghasikan kalium secara alami. Dengan demikian hendaklah mengkonsumsi buah plum atau jus plum yang dapat melindungi tubuh dari kanker dengan menetralkanradikal bebas yang berbahaya.

Nah, itulah beberapa manfaat buah plum untuk kesehatan yang peru kita ketahui supaya dapat dibudidayakan di Indonesia dan tidak mengambil barang impor lagi. Semoga bermanfaat!
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter